Update

Pj. Bupati Bogor Minta APDESI Andil Perkuat Tata Kelola Pemerintahan Desa

CISARUA, Siber24jam.com -Pj. Bupati Bogor, Asmawa Tosepu menghadiri pelantikan Ketua dan Pengurus Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Kabupaten Bogor periode 2024-2029, di Hotel Grand Ussu, Kecamatan Cisarua, Kamis (20/6). Pada kesempatan tersebut, Asmawa berpesan agar APDESI turut andil dalam memperkuat tata kelola pemerintahan di desa.

Untuk diketahui, Abdul Azis Anwar yang merupakan Kepala Desa Cimanggis, Kecamatan Bojonggede resmi menjadi Ketua APDESI Kabupaten Bogor periode 2024-2029. Hadir pada kegiatan tersebut, Ketua DPRD Kabupaten Bogor, Ketua DPD APDESI Provinsi Jawa Barat, jajaran kepala perangkat daerah dan para Camat.

 

Pj. Bupati Bogor, Asmawa Tosepu menjelaskan, hari ini melalui musyawarah dan mufakat, terpilih secara aklamasi Ketua APDESI periode 2024-2029. Bagi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor ini adalah bagian dari upaya memperkuat tata Kelola pemerintahan di desa. Karena desa memiliki peranan penting dalam konteks pembangunan Kabupaten Bogor secara keseluruhan.

 

“Selamat kepada pengurus APDESI yang baru saja dilantik, mari menjadi mitra strategis Pemkab Bogor dalam rangka membangun tata kelola pemerintahan yang baik serta membangun Kabupaten Bogor,” jelas Asmawa.

 

Menurut Asmawa, pengurus APDESI yang terpilih dan kepala desa pada umumnya untuk memperkuat tata kelola pemerintahan di desa, terutama pengelolaan keuangan. Karena begitu banyak anggaran yang digelontorkan ke desa, maka butuh sumber daya manusia, butuh pemahaman tentang pengelolaan keuangan desa yang baik dan benar.

 

“Kita ingin pembangunan Kabupaten Bogor dimulai dari desa, oleh karena itu saya titip pesan kepada pengurus terpilih untuk segera lakukan konsolidasi organisasi, menyusun program kerja yang betul-betul pro kepada masyarakat,” tandas Asmawa.

 

Asmawa juga mengapresiasi semangat kebersamaan para kepala desa untuk membangun Kabupaten Bogor dari desa. Pengurus APDESI harus merangkul seluruh anggota yakni sebanyak 416 kepala desa. Program Satu Miliar Satu Desa (Samisade) hanya ada di Kabupaten Bogor.

 

“Mari kita tunjukan kepada daerah lain bagaimana dampak positif program tersebut terhadap pembangunan infrastruktur desa, serta bagaimana pengelolaan keuangannya dengan baik,” ujar Asmawa.

 

Asmawa menambahkan, jelang pelaksanaan Pilkada di Kabupaten Bogor, dirinya mengajak mari kita sama-sama jaga kondusifitas wilayah. Mari perkuat sinergi dan kolaborasi, hindari perpecahan di tengah masyarakat, dengan semangat berbaur, babarengan, akur, dan makmur.

 

“Biarkan pelaksanaan Pilkada berjalan dengan baik, namun sesuai ketentuan yang berlaku, sebagai aparatur pemerintah kita tidak boleh berpolitik praktis,” ungkap Pj.Bupati Bogor, Asmawa Tosepu.(TIM KOMUNIKASI PUBLIK / DISKOMINFO KABUPATEN BOGOR)

WordPress Ads