Update

Pj. Bupati Bogor Ajak ASITA dan Stakeholder Bangun Pariwisata Berkelanjutan

Bogor, Siber24jam.com – Pj. Bupati Bogor, Asmawa Tosepu, mengajak DPC Association of The Indonesian Tours and Travel Agencies (ASITA) atau Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Kabupaten Bogor untuk membangun pariwisata Kabupaten Bogor agar terus tumbuh dan berkembang. Hal ini disampaikannya saat menghadiri pelantikan ASITA Kabupaten Bogor periode 2023-2028 dan halal bihalal pariwisata Kabupaten Bogor, di The Green Peak Hotel, Cisarua, Senin (13/5). Acara tersebut mengusung tema “Menjalin Sinergi dengan Harmonis untuk Membangun Kepariwisataan Kabupaten Bogor yang Unggul, Kokoh, dan Berkelanjutan”.

“Saya mengajak kepada ASITA dan semua stakeholder pariwisata perkuat sinergi dan kolaborasi membangun sektor pariwisata Kabupaten Bogor, sesuai potensi dan karakteristik daerah, agar pariwisata semakin maju berkembang dan membawa kesejahteraan bagi masyarakat,” tandas Asmawa.

 

Asmawa menjelaskan, Kabupaten Bogor sangat kaya akan potensi pariwisata, dengan kondisi alamnya dan letaknya yang strategis di lingkup regional Jabodetabek, plus Karawang, Lebak, Purwakarta, Sukabumi, Cianjur, serta dikelilingi puluhan juta populasi. Sehingga sangat potensial untuk pengembangan pariwisata baik regional, nasional, maupun internasional.

 

“Potensi pariwisata di Kabupaten Bogor harus dipromosikan secara massif oleh semua pemangku kepentingan,” kata Asmawa, merujuk pada tagline Kabupaten Bogor “Sport and Tourism”.

 

Asmawa menegaskan pentingnya peningkatan kualitas fasilitas pendukung, jasa tour dan travel, hotel, restoran, dan layanan akomodasi lainnya agar lebih berdaya saing. Ini diharapkan mampu menarik lebih banyak wisatawan untuk menggerakkan industri pariwisata dan perekonomian khususnya di Kabupaten Bogor.

“Pemerintah Kabupaten Bogor terus berupaya menciptakan lingkungan bisnis yang kondusif bagi pengembangan sektor pariwisata yang berkelanjutan, melalui kebijakan, regulasi, kemudahan perizinan, pelatihan, peningkatan aksesibilitas, infrastruktur, dan promosi,” ujar Asmawa.

 

Asmawa mengucapkan terima kasih kepada seluruh stakeholder yang telah berkontribusi dalam pembangunan pariwisata sekaligus menggerakkan perekonomian daerah. Dirinya berharap pariwisata Kabupaten Bogor semakin maju dan berkembang sehingga dapat berkontribusi lebih besar pada kemajuan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat.

 

Sekretaris DPD ASITA Jawa Barat, Nuning Widya Sutrisno, menekankan pentingnya pengurus DPC ASITA Kabupaten Bogor yang baru saja dilantik untuk menjalankan tugas dengan penuh tanggung jawab serta dedikasi. Mereka diharapkan dapat memberikan manfaat untuk anggotanya dan menjadi lokomotif kemajuan pariwisata Kabupaten Bogor.

 

“Usaha perjalanan wisata saat ini merupakan salah satu industri besar yang dapat diandalkan dalam menyumbang devisa negara dan pendapatan asli daerah. ASITA harus mampu tanggap menghadapi realita baru, bangun kolaborasi, dan berperan aktif dalam pembangunan pariwisata,” tutur Nuning.

 

Ketua DPC ASITA Kabupaten Bogor, Syawqi M. Haromaini, menyampaikan harapannya bahwa acara ini menjadi titik awal bagi mereka untuk berkontribusi dan bersinergi dengan Pemkab Bogor serta stakeholder terkait dalam memajukan pariwisata di Kabupaten Bogor. Potensinya begitu besar.

 

“Setelah pandemi usai, insya Allah kita akan sama-sama dengan insan pariwisata Kabupaten Bogor bangkit dan jaya kembali, menjadikan Kabupaten Bogor destinasi wisata terkemuka di Indonesia dan dunia,” ungkap Syawqi.

 

Hadir pada acara tersebut, Pj. Bupati Bogor, Forkopimda Kabupaten Bogor, perwakilan DPD ASITA Jawa Barat, Ketua DPC ASITA Kabupaten Bogor, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, MUI Kabupaten Bogor, Kepala Baznas Kabupaten Bogor, General Manager The Green Peak Hotel, Camat dan Forkopimcam Cisarua, serta jajaran Pemerintah Kabupaten Bogor, para ketua asosiasi sektor pariwisata, dan para pelaku usaha pariwisata.

WordPress Ads