Update

Kenang Masa Kecil pada Peringatan Hari Anak Nasional, Bupati Sukabumi Marwan Main Sondah

Kenang Masa KecilBupati Sukabumi Marwan Hamami bermain sondah atau engkle-engklean untuk mengenang masa kecil. Sondah ini merupakan permaian tradisional masyarakat Sunda yang dimainkan pada sore hari

Sukabumi.Siber24jam.com- Bupati Marwan Hamami, kembali mengenang masa kecilnya dengan menyempatkan diri bermain sondah atau engkle-engklean. Permainan yang diperagakan orang nomor satu di kabupaten yang dikenal dengan Pantai Palabuhan Ratu itu, saat memperingati Hari Anak Nasional (HAN), Kamis (11/08/2022).

Peringatan HAN 2022 tingkat Kabupaten Sukabumi, seharusnya digelar Juli lalu, namun karena padatnya agenda kedinasan Bupati Marwan, peringatan baru bisa digelar Agustus ini bertempat di Komplek Gelanggan Olahraga (GOR) Cisaat, dengan penyelenggara Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A).

“Main sondah yang merupakan permainan tradisional masyarakat Sunda ini, sekarang jarang sekali dimainkan anak-anak, banyak faktor penyebabnya, salah satunya mulai sedikitnya ruang terbuka untuk bermain sondah hingga anak-anak lebih sibuk bermain gawai,” kata Marwan,dikutip dari laman sukabumikab.go.id.

Marwan menyebut, permaian sondah ini banyak manfaatnya, diantaranya melatih anak untuk lebih cermat dan teliti, karena ketika kaki melangkah di garis-garis permainan sondah haruslah berhati-hati, salah melangkah fatal akibatnya.

“Kita akan galakan lagi semua permainan tradisional, dan Pemkab akan memperbanyak ruang-ruang publik yang bisa dipakai anak-anak mengekpresikan dirinya melalui permainan-permainan tradisional,” tegas Ketua DPD Partai Golkar itu.

Marwan menegaskan, Pemkab sangat peduli dengan anak-anak, semua anak-anak di Kabupaten Sukabumi harus mendapatkan hak-hak dasarnya, semisal pendidikan, terhindar dari kekerasan.

“Setiap anak perlu mendapatkan kesempatan seluas-luasnya untuk tumbuh dan berkembang secara optimal. Tak kalah penting, anak juga harus memeroleh perlindungan dan terpenuhi hak-haknya,” ujarnya.

Sebagai bukti kepedulian pada  anak-anak, kata Marwan,Pemkab sudah membentuk Forbumi (Forum Barudak Sukabumi). “Forum ini untuk menguatkan peran dalam menyiapkan Kabupaten Sukabumi menjadi tempat yang aman dan nyaman,” katanya.

Kepala DP3A Eki Radiana Rizki mengatakan, kegiatan dilaksanakan untuk menghormati dan melindungi anak. Selain itu, untuk meningkatkan kesejahteraan dan kualitas anak. “Semua itu demi terwujudnya kualitas anak yang berkarakter sebagai generasi penerus bangsa,”ungkapnya menutupi.

Sementara itu, pada kesempatan peringatan HAN 2022, Bupati Marwan melantik kepengurusan Forum Anak Daerah Kabupaten Sukabumi periode 2022-2024, dan memberikan  bantuan kursi roda kepada anak yang membutuhkan. ***

 

Editor : Mochamad Yusuf

 

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

WordPress Ads