Update

Universitas Bhayangkara Mendukung Upaya Pemberdayaan UMKM di Desa Tamansari Bekasi

Bekasi, siber24jam.com – Kegiatan sosialisasi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dilaksanakan di Desa Tamansari, Kecamatan Setu, Kabupaten Bekasi pada hari Kamis, 16 Mei 2024. Kegiatan ini diadakan bersama warga, mahasiswa Universitas Bhayangkara Jakarta Raya, dan perwakilan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa dari Provinsi Jawa Barat sebagai bagian dari program Patriot Desa yang dipimpin oleh Harti Widya Astuti.

 

 

“Tujuan penyuluhan ini adalah untuk pemberdayaan serta menumbuhkan kemandirian seiring dengan perkembangan UMKM, yang nantinya akan memunculkan potensi-potensi yang ada di Desa Tamansari,” jelas Widya.

 

Kegiatan tersebut mendapat sambutan antusias dari peserta yang terdiri dari pelaku usaha makanan, kerajinan, dan agrobisnis. Salah satu peserta, Theresia Ika, yang telah menjalankan UMKM selama tujuh tahun dan memiliki legalitas seperti Surat Keterangan Usaha (SKU), Nomor Induk Berusaha (NIB), dan sertifikat halal dari dinas kesehatan dan dinas koperasi, mengungkapkan:

“Dengan adanya kegiatan sosialisasi yang dilaksanakan oleh dinas terkait program Desa Patriot ini, harapannya akan menambah pengetahuan dan wawasan bagi warga terkait UMKM yang tentunya akan berdampak positif bagi perkembangan UMKM. Materi yang telah disampaikan sangat bermanfaat karena banyak yang sebelumnya awam terhadap legalitas serta pendanaan UMKM. Pastinya UMKM akan lebih berkembang lagi dengan adanya informasi-informasi dari dinas yang selama ini terbatas,” ujar Ika.

 

Di sela-sela kegiatan tersebut, awak media berhasil mewawancarai ketua dan para anggota Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kelompok 4 Universitas Bhayangkara Jakarta Raya, yang terdiri dari Rizki Diantaullah, Aliwardana, Firmansyah Ismail, Firly Khoirul Insan, Fadly Azhar Jauhari, Lutfy F., Dimas Perdana Putra, dan Andry.

 

 

“Bagi teman-teman mahasiswa fakultas hukum yang KKN, ini menjadi bekal dan bermanfaat juga terkait pembuatan surat-surat izin usaha UMKM yang bisa dijadikan pelajaran untuk usaha mandiri nantinya,” tutup Rizki.

 

Program Patriot Desa ini diharapkan dapat terus berlanjut dan memberikan dampak positif yang berkelanjutan bagi perkembangan UMKM di Desa Tamansari dan wilayah lainnya.

 

 

Penulis:

Ali Wardana

Tags: , , ,

WordPress Ads