Update

Soal Calon Gubernur Banten, Ini Harapan dan Keinginan Pemuda Pancasila

Johan Aripin MubaKetua Majelis Pimpinan Wilayah (MPW) Pemuda Pancasila Johan Aripin Muba (foto dok pribadi)

Serang,Siber24jam.com- Pemilihan umum kepala daerah (Pemilukada) Provinsi Banten, pelaksanaan masih sekitar dua tahunan lagi serentak atau bareng secara nasional usai pemilihan umum (Pemilu) legislative dan pemilihan presiden serta wakil presiden.

Namun, sejak berakhir masa kepimpinan duet Gubernur Wahidin Halim dan Wakil Gubernur Andika Hazrumy, peta perpolitikan di provinsi yang sebelum reformasi bergulir bagian dari Jawa Barat itu sudah menghangat, dimana partai-partai yang memiliki kursi di DPRD Banten, dikabarkan sudah mempersiapkan kader maupun non kader untuk dimajukan dalam perebutan orang nomor satu dan dua di Banten.

“Bagus juga, walau pemilihan gubernur itu masih dua tahun lagi dilaksanakan, sekarang sudah muncul nama-nama calon kandidat gubernur. Menurut saya munculnya kandidat bakal calon pertanda baik itu demokrasi, dan rakyat Banten tentunya akan memiliki banyak pilihan, siapa yang menurut pandangan mereka cocok memimpin Provinsi Banten,”kata Ketua Majelis Pimpinan Wilayah (MPW) Pemuda Pancasila Provinsi Banten, Johan Aripin Muba, Jumát (07/10/2022).

Johan menegaskan, meski sampai sekarang MPW Banten belum memutuskan kekandidat calon gubernur manapun, namun Pemuda Pancasila, bagian dari Ormas besar di Provinsi Banten, tentunya tidak akan tinggal diam.

PP, kata Johan akan menentukan atau menjatuhkan pilihan, ketika bakal kandidat calon itu memenuhi kriteria yang ditetapkan PP, satu diantaranya peduli terhadap PP, pilihan akan langsung diputuskan.

“Tapi, karena PP itu punya mekanisme penentuan dukungan dan pilihan harus diputuskan dalam rapat  kerja wilayah (Rakerwil) yang merupakan rapat tertinggi kedua setelah musyawarah wilayah (Muswil).  Di sana kita akan menilai bakal kandidat calon gubernur ada bagian dari visi misinya senapas dengan Pemuda Pancasila,”tegas Johan.

Johan mengatakan, ketika di Rakerwil sudah memutuskan PP akan mendukung dan memilih kandidat bakal calon gubernur, keputusan itu harus ditaati dan dijalankan semua pengurus dan kader.

“Rakerwil, pleno penting dan tertinggi kedua setalah musyawarah wilayah (Muswil). Apapun keputusan yang ditetapkan di Rakerwil harus ditaati dan dijalankan semua kader dan pengurus,” tegas Johan.

Namun yang pasti kata Johan, bakal calon Gubernur Banten yang akan didukung Pemuda Pancasila, adalah calon yang setiap pada Pancasila. “Selain, calon juga harus menjunjung tinggi dan menerima keberagaman baik itu agama maupun suku,”tegas Johan menutupi.

Sebagai informasi, Partai Golkar dikabarkan akan mencalonkan mantan Wakil Gubernur Andika Harzumy, sebagai calon gubernur. Sementara Partai Demokrat sudah memunculkan tujuh nama bakal calon, diantaranya Wahidin Halim, mantan gubernur sebelumnya, Iti Oktavia Jayabaya, Bupati Lebak, Arif R. Wirmansyah, Wali Kota Tangerang, dan tiga anggota DPR – RI.***

 

Penulis : Zarkasi

Editor   : Mochamad Yusuf

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

WordPress Ads