Update

Ini Alur Proses Pemulangan Jenazah Eril Dari Swiss Ke Indonesia

Jakarta, Siber24jam.com – Jenazah almarhum Emmeril Kahn Mumtadz atau kerap disapa Eril telah diterbangkan ke Indonesia hari ini, Sabtu (11/6/2022) waktu Swiss.

Direktur Perlindungan WNI Kementerian Luar Negeri (Kemenlu), Yudha Nugraha menjelaskan, sejak jenazah Eril ditemukan pada 8 Juni 2022, KBRI Bern langsung melakukan pengurusan patriasi untuk serah terima jenazah dari otoritas Swiss ke keluarga.

Di saat yang sama, juga KBRI Bern melakukan penerbitan surat keterangan kematian dan pemulangan jenazah.

Jenazah Eril akan diberangkatkan ke Indonesia bersama dengan sang ayah yang juga Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil dan keluarga dalam satu pesawat.

“Saat ini Ridwan Kamil didampingi pejabat Bern sudah berada di Zurich Airport dan akan terbang pukul 10.10 waktu setempat,” jelas Yudha dalam keterangan pers, Sabtu (11/6/2022).

Diperkirakan Ridwan Kamil dan jenazah Eril akan tiba di Indonesia pada Minggu, 12 Juni 2022, dan akan langsung diberangkatkan ke Bandung, Jawa Barat.

“Ridwan Kamil dan jenazah Eril tiba Minggu, 12 Juni 2022 dan dibawa ke Bandung melalui jalur darat. Semoga perjalanan lancar hingga pemakaman,” tutur Yudha.

Perwakilan Keluarga Ridwan Kamil, Erwin Muniruzaman menjelaskan, proses pemakaman Eril akan diatur sepenuhnya oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat di lokasi pemakaman keluarga di Cimaung, Kabupaten Bandung.

“Kami fokuskan untuk pemakaman dari keluarga karena keterbatasan tempat. Sehingga kami mohon maaf yang sudah berdoa ke Pakuan tidak perlu ke makam. Pemakaman setengah hari dan setelah itu warga dibolehkan ziarah kubur,” jelas Erwin dalam kesempatan yang sama.

Kepala Biro Administrasi Sekretaris Daerah Jawa Barat, Wahyu mengatakan, diperkirakan Ridwan Kamil beserta jenazah Eril akan tiba di Bandung pukul 22.00 WIB.

Wahyu memperbolehkan masyarakat untuk ikut bertakziah atau menyolatkan jenazah Eril di Gedung Pakuan pada Minggu, 12 Juni 2022 pukul 23.00 WIB

Jenazah Eril, kata Wahyu akan disemayamkan di Gedung Pakuan hingga Senin, 13 Juni 2022 pukul 08.00 WIB. Kemudian pada pukul 09.00 jenazah Eril akan diberangkatkan untuk dikebumikan.

Saat perjalanan untuk mengebumikan jenazah Eril, yang hanya boleh diiringi oleh pihak keluarga saja, sehingga memudahkan perjalanan.

“Rute dari Pakuan ke Wastu Kencana, terus Tol Pasteur, kemudian Seroja mengarah ke Cimaung. Oleh karena itu , bagi warga yang ada di sana (rute tersebut) dapat mengantisipasi dan dapat juga menggunakan jalur alternatif jika terjadi kemacetan,” jelas Wahyu.

“Memang dari pihak keluarga pukul 09.00 pagi karena itu Senin masih ada yang masuk sekolah dan bekerja. Sehingga akan diberangkatkan pukul 09.00,” kata Wahyu melanjutkan.

Adapun lokasi pemakaman akan dibuka untuk masyarakat apabila ingin melakukan ziarah kubur, hingga sebelum waktu Magrib.

“Kemudian selanjutnya masyarakat masih ingin berdoa dan ziarah dipersilahkan pada Selasa (24/6/2022) hingga Minggu (19/6/2022) pukul 08.00 hingga 17.00 WIB. Jika ada perubahan kami akan sampaikan,” tuturnya.

Editor: Zarkasi
Sumber: CNBC Indonesia

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

WordPress Ads