Update

Keutamaan Bersedekah di Hari Jumat Sesuai Anjuran Rasulullah SAW

jumat

 

Siber24jam.com – Bersedekah merupakan salah satu amalan yang dicintai Allah SWT. Islam merupakan agama yang mengajarkan pemeluknya untuk senantiasa bebrbuat kebaikan kepada sesama manusia.

Salah satunya dengan mengorbankan harta benda untuk diberi kepada orang yang lebih membutuhkan, seperti, yatim piatu, fakir miskin, janda, atau siapapun yang membutuhkan.

Dikutip dari mui.or.id “Ada keutamaan bersedekah pada hari Jumat. Hari Jumat memiliki banyak keutamaan dan keberkahan, hal ini antara lain dikarenakan hari Jumat merupakan hari raya umat Muslim. Pada hari Jumat Rasulullah SAW meminta umatnya untuk memperbanyak amalan, termasuk bersedekah”.

Abu Hurairah RA, berkata bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda:
مَا مِنْ يَوْمٍ يُصْبِحُ الْعِبَادُ فِيهِ إِلاَّ مَلَكَانِ يَنْزِلاَنِ فَيَقُولُ أَحَدُهُمَا اللَّهُمَّ أَعْطِ مُنْفِقًا خَلَفًا ، وَيَقُولُ الآخَرُ اللَّهُمَّ أَعْطِ مُمْسِكًا تَلَفًا
“Ketika hamba berada di setiap pagi, ada dua Malaikat yang turun dan berdoa, “Ya Allah berikanlah ganti pada yang gemar berinfak.” Malaikat yang lain berdoa, “Ya Allah, berikanlah kebangkrutan bagi yang enggan bersedekah.” (HR Bukhari dan Muslim).

Dengan demikian, kita sebagai umat muslim jangan menyianyiakan kesempatan untuk bersedekah dalam kondisi apapun.

 

Editor : Julian Kersa

Tags: , , , , , , ,

WordPress Ads