Update

Disebut Sebagai Kunci Keberhasilan Pembangunan Pertanian, Wabup Sukabumi Bilang Penyuluh itu Pahlawan

Bantuan PoktanWakil Bupati Sukabumi Iyos Somantri menyerahkan bantuan pupuk secara simbolis kepada kelompok tani (Poktan) di Kecamatan Purabaya, usai berdialog dengan para penyuluh pertanian

Sukabumi,Siber24jam.com – Wakil Bupati Sukabumi Iyos Somantri, menyebut kunci sukses atau keberhasilan pembangunan sektor pertanian yang dicanangkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sukabumi, ada ditangan para penyuluh yang langsung bersinggungan dan berinteraksi dengan para petani di lapangan.Para penyuluh itu sehingga layak disebut ‘pahlawan’.

“Tanpa aktif penyuluh sebagus dan secanggih apapun program pembangunan sektor pertanian dirancang, tak akan berhasil atau mencapai sukses, jika tidak mendapatkan dukungan dari penyuluh,” kata Iyos, ketika berdialog dengan para penyuluh pertanian se- Wilayah Purabaya, di balai kecamatan setempat, Senin (01/08/2022)

Menurut pendamping Bupati Marwan Hamani ini, melalui penyuluh program pemerintah, seperti penerapan teknologi pertanian bisa sampai kepetani. Pemkab makanya, tak sangat memperhatikan sekali para penyuluh, meskipun saat ini masih terbatas.

“Penyuluh pertanian, termasuk didalamnya peternakan dan perikanan, adalah pahlawan yang membantu tugas pemerintah daerah, bahkan negara dalam menjaga stabilitas dan ketahanan pangan, makanya jangan pernah mengabaikan peran mereka,” tegas Iyos, dikutip dari sukabumikab.go.id.

Iyos mengungkapkan, Kabupaten Sukabumi, bertekad ingin untuk menjadi lumbung padi bagi Jawa Barat. Target tersebut, sambung Iyos, bukan mimpi disiang bolong, tapi memiliki dasar yang kuat, beberapa kecamatan, utamanya di bagian selatan lahan pertanian basar masih terhampar luas.

“Lahan pertanian basah di wilayah selatan akan kita pertahankan menjadi sawah abadi. Ini penting dilakukan, agar stabilitas dan ketahanan pangan terjaga, apalagi di era sekarang, pangan termasuk pertahanan negara,” tegasnya.

Sementara itu, usai berdialog, Wabup secara simbolis menyerahkan bantuan pupuk kelompok tani (Poktan) Warga Mekar, Desa Sindangmekar, Poktan Medal Wargi, Desa Sindangresmi, Kecamatan Jampang Tengah, Pompa air untuk Poktan Sabilulungan, Desa Cimekar, Kecamatan Purabaya, serta Power thresher (alat perontok padi) untuk Poktan Sinar Tani, Desa Cicukang, Kecamatan Purabaya.***

Editor  : Mochamad Yusuf

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

WordPress Ads