Update

Dampak Pandemi Covid-19, Plt Bupati Bogor Sebut Banyak Anak Alami Persoalan

Plt Bupati BogorPelaksana Tugas (Plt) Bupati Bogor, bersama anak-anak diacara peringatan Hari Anak Nasional (HAN) tahun 2022

Bogor, Siber24jam.com- Pandemi Covid-19 yang melanda tanah air, tanpa terkecuali Kabupaten Bogor,  sejak awal tahun 2020 lalu, efeknya yang ditimbulkanya sangat dahsyat, selain melumpuhkan aktivitas ekonomi, karena adanya pembatasan pergerakan manusia, pandemi Covid -19, ternyata membuat anak-anak mengalami persoalan.

“Dampak dari pandemi Covid-19, banyak anak-anak mengalami berbagai persoalan seperti mendadak yatim atau piatu, kurangnya kesempatan bermain dan belajar di sekolah, karena harus belajar secara daring sehingga dapat meningkatkan resiko terpapar gadget,”kata Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Bogor, Iwan Setiawan, Kamis (28/07/2022) saat menghadiri peringatan Hari Anak Nasional (HAN) 2022 tingkat Kabupaten Bogor, di Cibinong.

Selain itu, kata Iwan, pandemi Covid -19 juga menyebabkan terjadinya peningkatan kekerasan terhadap anak dalam rumah tangga. “Jadi dampak pandemi sangat dahsyat,  nah persoalan yang menimpa anak-anak di masa pandemi Covid-19, pada tahun 2020 dan 2021 lalu menjadi tugas kita untuk menyelesaikan,” ujar Iwan.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana Pamerintah Kabupaten Bogor, Nurhayati menambahkan,  untuk membantu anak-anak yang harus jadi yatim dan piatu lantaran kehilangan ibu atau bapaknya akibat paparan Covid-19, Pemerintah Kabupaten Bogor, sudah menerapkan berbagai kebijakan untuk membantu mereka (anak-anak).

“Anak-anak yang menjadi generasi penerus bangsa itu hak-hak dasarnya harus dilindungi. Nah, khusus yang anak yang kehilangan ayah atau ibu, saat pandemi Covid -19, kita sudah melakukan pendampingan,” katanya menutupi. ***

 

Sumber : Diskominfo

Editor : Mochamad Yusuf

 

Tags: , , , , , , , , , , , , , ,

WordPress Ads