Update

Emiral Rangga Siap Rebut Kursi Ketua DPC Peradi Cibinong Periode 2022-2027

Bogor, Siber24jam.com – Emiral Rangga Tranggono pengacara muda berbakat kelahiran 20 April 1984 nyatakan siap merebut kursi ketua Peradi Cibinong, di lima tahun kedepan.

Emiral mengatakan, dirinya memastikan jika ia siap maju sebagai calon ketua Peradi Cibinong, Kabupaten Bogor periode 2022-2027, setelah terlebih dulu dia telah dinyatakan lulus verifikasi calon di organisasi keprofesian advokat terbesar di Indonesia itu.

“Saya nyatakan siap maju sebagai calon ketua DPC Peradi Cibinong saat Musyawarah Cabang (Muscab) ke-II di hotel Bigland Sentul, Kecamatan Babakan Madang pada 26 Juni 2022 nanti,” ujar Emiral kepada wartawan bertempat di kedai kopi Arako dijalan H. Minggu, Kelurahan Tengah, Cibinong, Rabu (22/06/2022).

Ia menerangkan, dalam merebut kursi panas itu dia memiliki strategi jitu yaitu keyakinan atas perjalanan karirnya selama berkecimpung di dunia pengacara, serta saat menjalin silaturahmi ke sesama profesi baik diluar keanggotaan DPC Peradi Cibinong maupun organisasi lainnya.

“Cara saya yakni, dengan membuat kegiatan bersama yaitu berupa diskusi sesama pengacara melalui tukar pendapat. Yang mana, hal ini sudah saya jajaki sejak lama atau tidak hanya saya lakukan ketika mencalonkan diri sebagai ketua Peradi Cibinong. Teman-teman advokat pada tahu lah saya seperti apa track recordnya, dan hal demikian sudah saya lakukan semenjak saya menggeluti profesi advokat atau sejak tercatat sebagai anggota DPC Peradi Cibinong yang terbentuk pertama kali pada tahun 2016 lalu,” bebernya.

“Jadi, kedekatan itu menjadi modal utama saya untuk ikut bursa di pemilihan ketua Peradi Cibinong periode 2022-2027,” tambahnya.

Lebih lanjut ia memaparkan, untuk meraih impiannya menjadi ketua Peradi Cibinong, dirinya memiliki target pencapaian suara sebesar 70 persen atau setara dengan 150 suara.

“Dari total suara yang ada sebanyak 260 anggota yang tercatat di keanggotaan maupun di pengurusan Peradi Cibinong saat ini,” ungkap Emiral.

Menurut Emiral, terkait dari tiga calon yang sah terverifikasi maju sebagai ketua Peradi Cibinong, di mana ada salah satu calonn yang memiliki dukungan dari mantan ketua sebelumnya. Baginya, hal itu merupakan tantangan tersendiri bagi ia maupun pendukungnya tersebut.

“Incumbent atau petahana mendukung salah satu calon itu hal yang tak jadi masalah berat bagi saya. Malah, dengan hal itu saya pribadi jadikan tantangan tersendiri buat kita bahwa kami harus lebih meyakinkan kesemua anggota yang memiliki hak suara saat muscab itu digelar nanti,” imbuh Emiral.

Ia menyebut, dalam visinya maju sebagai calon dirinya berkeinginan membangun anggota DPC Peradi Cibinong semakin berkompeten, amanah dan bermartabat.

Sedangkan untuk misinya, pihaknya berjanji akan meningkatkan kompetensi anggota DPC Peradi Cibinong melampaui pelatihan hukum berkelanjutan, meningkatkan kompetensi anggota DPC Peradi Cibinong melalui sharing knowledge diantara para anggota, bekerjasama dengan organisasi profesi hukum spesialis kurator, pasar modal, pengadaan ketenaga kerjaan dan lainnya.

Adapun, sambung Emiral, dirinya juga bakal meningkatkan pembelaan hukum terhadap masyarakat tidak mampu, mencerdaskan masyarakat dalam bidang hukum melalui pelatihan hukum terhadap masyarakat, membangun tata kelola organisasi DPC Peradi Cibinong yang baik dengan menganut asas profesional, transparan, akuntabel dan menghormati anggota.

“Saya juga berjanji jika terpilih nanti dilima tahun kedepan, juga akan membangun mental sejajar dengan penegak hukum lain, serta menghadirkan kantor sekretariat DPC Peradi Cibinong sebagai tempat berdiskusi yang melahirkan argumentasi-argumentasi hukum yang konstruktif dan bermanfaat,” paparnya.

Sementara itu, untuk mengenal sepak terjang seorang pengacara muda Emiral Rangga Tranggono diawali dirinya menempuh pendidikan sebagai status mahasiswa program doktor hukum Universitas Pelita Harapan, program pascasarjana UPN Veteran Jakarta, dan menempuh ilmu kembali di fakultas hukum Universitas Pakuan Bogor, serta pernah karya latihan bantuan hukum (Kalabahu) LBH Jakarta.

Selain itu, untuk organisasi yang pernah cicipi diantaranya aktif sebagai pengurus DPC Peradi Cibinong 2016-2021, anggota himpunan kurator dan pengurus Indonesia (HKPI), anggoa himpunan konsultan hukum pasar modal (HKHPM), sekretaris jenderal asosiasi perusahaan jasa penagihan Indonesia (APJPI), presidium Mahasiswa universitas Pakuan Bogor periode 2005-2006, dan pernah menduduki sebagai ketua senat Fakultas Hukum Universitas Pakuan Bogor periode 2005-2006 lalu.

Diketahui sebelumnya, DPC Peradi Cibinong, Kabupaten Bogor bakal menggelar Musyawarah Cabang (Muscab) ke II yang akan diselenggarakan di Hotel Bigland Sentul, Kecamatan Babakan Madang, pada 26 Juni 2022.

 

 

Penulis: Mochamad Yusuf
Editor: Zarkasi

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

WordPress Ads