Update

Mengenal Lebih Dekat Tanaman Ganja

Sumber foto : Photo by Aphiwat Chuangchoem

Siber24jam.com – Ganja adalah nama sebuah tanaman yang berhabitat di wilayah tropis yang kaya sinar matahari dan dengan cuaca lembab, biasanya tumbuh subur di wilayah dengan ketinggian 1000 mdpl.

Ciri Khas tanaman Ganja adalah daunnya yang membentuk 5 sampai 7 ruas berjumlah ganjil yang simetris dengan bentuk serupa jari-jemari

Ganja tergolong dalam genus tumbuhan berbunga dari famili Cannabaceae. Tiga spesies yang dikenali antara lain Cannabis sativa, Cannabis indica, dan Cannabis ruderalis, ketiganya dapat diperlakukan sebagai subspesies dari satu spesies.

Ganja atau nama latinya Cannabis sativa juga dapat diterima sebagai spesies tunggal yang tidak terbagi. Genus ini secara luas diterima sebagai yang asli dan berasal dari Asia Tengah, beberapa peneliti juga menganggap tumbuhan ini berasal Asia Selatan bagian atas.

Tanaman ganja telah dikenal manusia sejak lama diberbagai budaya dari berbagai belahan dunia.

seratnya yang kuat digunakan sebagai bahan rami untuk tali-temali dan juga bahan tekstil.
Biji ganja juga digunakan sebagai sumber minyak untuk kebutuhan medis berbahan herbal.

Ganja juga diketahui sebagai tanaman golongan Psikotropika karena zat yang dapat mempengaruhi sistem saraf manusia jika digunakan dengan cara menghisap.

Ganja memiliki zat aktif halusinogen yang membuat penggunanya mengalami Euforia dan juga kemampuanya menstimulasi hormon dalam otak untuk menguatkan Imajinasi.

Oleh sebab itu penggunaan Ganja telah lama dikenal sebagai sarana ritual dalam berbagai sistem kebudayaan dan reliji diberbagai belahan Dunia.

Penulis : Riki

Editor : Julian Kersa

Tags: , , , ,

WordPress Ads