Update

Lantik Tim Koordinasi Daerah Vokasi Kabupaten Bogor Untuk Turunkan Angka Pengangguran dan Ciptakan Masyarakat Berdaya Saing

Siber24jam.com – Pj. Bupati Bogor Asmawa Tosepu melantik Tim Koordinasi Daerah Vokasi Kabupaten Bogor (TKDV) yang berlangsung di Ruang Serbaguna 1 Sekretariat Daerah Kabupaten Bogor, pada Jumat (21/6).

Pj. Bupati Bogor, Asmawa Tosepu mengungkapkan, revitalisasi pendidikan dan pelatihan vokasi merupakan salah satu upaya pemerintah untuk menurunkan tingkat pengangguran terbuka di Kabupaten Bogor.

“Dengan penyelenggaran pendidikan dan pelatihan vokasi yang secara efektif dan efisien diharapkan mampu untuk menghasilkan sumber daya manusia atau tenaga kerja yang betul-betul kompeten, punya kapasitas untuk bisa produktif serta berdaya saing sesuai yang dibutuhkan oleh pasar kerja hari ini atau mampu berwirausaha secara mandiri,” terang Pj. Bupati Bogor.

Perlu diketahui bahwa, pembentukan tim koordinasi daerah revitalisasi pendidikan vokasi dan pelatihan vokasi (TKDV) ini merupakan amanat dari peraturan perundangan dalam hal ini , Peraturan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Nomor 5 tahun 2023. Dimana pembentukan tim koordinasi ini bertujuan untuk mengkoordinasikan, mensinergikan, melakukan evaluasi penyelenggaran pendidikan dan pelatihan vokasi dan mengintegrasikan semua kegiatan di daerah.

Lanjut Asmawa Tosepu, meminta kepada jajaran tim koordinasi yang baru saja dilantik agar benar-benar segera melaksanakan tugasnya dengan optimal. Tugas yang pertama adalah menyusun perencanaan dan kebijakan operasional untuk pengembangan dan pengolahan sistem informasi pasar kerja.

Kedua katanya, menyusun perencanaan strategis pendidikan dan pelatihan vokasi yang mengacu pada kebijakan pemerintah atau kebijakan kementerian yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang pendidikan dan bidang ketenagakerjaan kemudian, tugas berikutnya adalah melakukan penyelarasan pendidikan vokasi dan pelatihan vokasi dengan dunia usaha dunia industri dan dunia kerja. Selanjutnya adalah menjamin ketersediaan pendidikan dan instruktur bagi lembaga pendidikan vokasi dan pelatihan vokasi itu sendiri.

“Dengan terbentuknya tim koordinasi kinerja pendidikan Vokasi dan pelatihan Vokasi di Kabupaten Bogor akan semakin optimal semakin banyak tenaga kerja kompeten dan bersertifikat serta semakin banyak wirausaha baru sehingga mampu untuk menurunkan angka pengangguran terbuka di Kabupaten Bogor,” imbuhnya.

Selanjutnya, Ketua Umum Kadin Jawa Barat Cucu Sutara menyampaikan, berdasarkan amanat Perpres dalam rangka mewujudkan Indonesia Emas 2045 kuncinya adalah salah satunya adalah sumber daya manusia Ekosistem industri.

“Bersama kawan-kawan di vokasi harus bersinergi dan berkolaborasi yang inklusif dan progresif dalam rangka menciptakan sumber daya manusia yang unggul dan maju. Tentunya kami kami sangat mengapresiasi, bangga dan selamat atas pelantikan tim koordinasi daerah vokasi Kabupaten Bogor ini,” beber Cucu Sutara.

Turut hadir Pasipers Kodim 0621/Kab. Bogor, Kapolsek Cibinong, Ketua Kadin Kab.Bogor, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah 1 Jabar, Ketua Forum Silaturahmi SMK Cabang Dinas Wilayah 1 Jabar, Dekan Sekolah Vokasi IPB, Dekan Sekolah Vokasi UNIDA, Wakil Dekan Non Akademik Sekolah Vokasi UNIDA, Komisi Pengabdian Pada Masyarakat, Sekolah Vokasi IPB, Para Kepala SKPD dan para anggota pelantikan Tim Koordinasi Daerah Vokasi (TKDV) Tingkat Kabupaten Bogor. (Tim Komunikasi Publik/Diskominfo Kabupaten Bogor)

 

Editor: Zakar

Tags:

WordPress Ads