Update

Bencana Banjir Melanda Kecamatan Cukuh Balak

Tanggamus, Siber24jam.com – Banjir bandang melanda Kecamatan Cukuh Balak, Kabupaten Tanggamus, Provinsi Lampung, Jumat (14/10/2022). Sebanyak 8 desa terendam banjir akibat bencana tersebut.

Beberapa desa yang terkena rendaman air diantaranya Desa Sukapadang, Wairilau, Tanjung Raja, Tanjung Jati, Gedung, Banjarnegeri, Sukaraja, Kubulangka. Banjir juga menghanyutkan kuburan di Tanjung Jati.

Saat ini, warga berharap adanya bantuan dari pemerintah daerah maupun dari masyarakat lainnya yang tidak terdampak banjir.

“Kami sangat membuthkan bantuan kebutuhan pokok makanan dan selimut, sebab semua peralatan kami basah dan stok persediaan kami juga basah seperti gabah dan beras. Dan juga tidak kalah pentingnya obat – obatan kalau tidak segera dibantu saya yakin masyarakat akan semakin sulit,” terang salah satu warga, Mujib.

Sementara kepala sekolah SDN 1 Banjar Negeri yang terdampak rendaman air mengaku kaget karena tidak menyangka akan terjadi banjir. Pihak sekolah pun berinisiatif mengevakuasi para murid ke tempat lebih tinggi pada saat itu.

“Banjir yang kami tidak perkirakan pada saat aktifitas di sekolahan sedang berlangsung saya segera perintahkan kepada jajaran guru untuk mengevakuasi murid segera ke tempat yang aman. Beberapa peralatan sekolah hanyut dan kerendam, alhamdulillah semua murid saya selamat tidak terjadi korban,” kata Ahmad Nuri.

Di tempat yang sama Camat Cukuh Balak langsung ketempat kejadian memantau banjir dan memastikan warga tidak ada yang jadi korban dan melihat apa yang segera dibutuhkan masyarakat paska banjir.

“Alhamdulillah BPBD sekarang lagi di kantor mendata yang terdampak banjir dan alhamdulillah kita sudah antisipasi bersama masyarakat dan kepala desa. Dan kami juga sudah membuat dapur umum di beberapa titik,”  pungkas Yosep.

Penulis : Zarkasih

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

WordPress Ads