Update

Momen Peringatan HUT Bhayangkara ke -76, Sukabumi Ditetapkan Jadi Kota Polisi

Wali Kota Sukabumi Achmad FahmiWali Kota Sukabumi Achmad Fahmi

Sukabumi,Siber24jam.com- Sukabumi, resmi menyandang sebutan sebagai Kota Polisi. Keputusan penetapan sebagai Kota Polisi itu  dituangkan dalam Surat Keputusan (SK)  No 188.45/115-Huk/2022 mengenai penetapan Kota Sukabumi sebagai Kota Polisi.

“Alhamdulillah dengan mempertimbangkan fakta sejarah dan masukan dari berbagai pihak, pada momen peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Bhayangkara ke -76, Jum’at 1 Juli lalu, di  Lapangan Soetadi Ronodipuro Setukpa Lemdiklat Polri, penetapan Sukabumi, sebagai Kota Polisi sah secara hukum,” kata Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi, Minggu (03/07/2022).

Fahmi menyebut, fakta sejarah jika Sukabumi pantas menyandang Kota Polisi merujuk keberadaan Sekolah Pembentukan Perwira (Setukpa) Polri yang berdiri sejak masa pemerintahan Hindia Belanda tahun 1927.

“Sejak tahun1927 sampai sekarang Setukpa Polri menjadi satu-satunya tempat pembentukan calon-calon perwira Polri, di luar Akademi Kepolisian (AKPOL) Semarang. Jadi, keberadaan Setukpa Polri itu tak bisa dipisahkan dengan sejarah Kota Sukabumi,” ujarnya.

Fahmi berharap, dengan disandangnya Sukabumi sebagai Kota Polisi, nama Kota Sukabumi akan semakin membahana keseantero negeri, dan membuat warga Kota Sukabumi semakin cinta dan bangga terhadap kotanya. “Itulah harapan kami dari pemerintah kota,” tutup Fahmi.

Sebagai informasi, Setukpa Polri Sukabumi berlokasi di Jalan  Bhayangkara Nomor 116, Kelurahan  Karamat, Kecamatan Gunungpuyuh, keberadaannya tak bisa dipisahkan dengan Kota Sukabumi. Di Setukpa Lembaga Pendidikan Polri, calon-calon perwira yang berasal dari para bintara dari seluruh Kepolisian Daerah (Polda) digembleng sebelum menyandang pangkat Inspektur Polisi Dua (IPDA).

 

Sumber : sukabumikota.go.id

Editor :  Mochamad Yusuf

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

WordPress Ads