Update

Lestarikan Seni Bela Diri Pencak Silat Cimande, Ini Upaya dari Pemerintah Kabupaten Bogor

Bogor, Siber24jam.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor, memegang komitmennya untuk mempertahankan seni bela diri Pencak Silat Cimande. Salah satu upaya yang dilakukan untuk melestarikannya dengan memperkenalkan seni bela diri asli Bangsa Indonesia itu ke masyarakat luas melalui Festival Pencak Silat Kabupaten Bogor tahun 2022 yang dihelat di Metland Mall, Cibubur, Kecamatan Cileungsi, Minggu (19/06/2022).

Dalam festival itu Plt. Bupati Bogor, Iwan Setiawan dan para praktisi pencak silat di tanah air, diantaranya artis dan atlet pencak silat, Prisia Nasution, aktor dan pendekar silat, Cecep Arif Rahman, dan master pencak silat, Asep Gurwawan, hadir dalam talkshow. “Kita bangga, Kabupaten Bogor adalah salah satu daerah yang punya sejarah dari abad ke-17, yakni silat Cimande sebagai cikal bakal pencak silat,” kata Iwan, Senin (20/06/2022).

Festival Pencak Silat Kabupaten Bogor, kata Iwan,   adalah upaya Pemkab untuk lebih mengenalkan silat Cimande kepada masyarakat lebih luas.  “Kami ingin bahwa silat itu tidak lagi identik di perkampungan, silat itu identik kalau ada hajatan. Maka di Metland ini kami memperkenalkan silat itu di mall,” ujarnya dalam keterangan tertulisnya yang disebar Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Bogor.

Iwan menjelaskan, untuk menggugah antusias masyarakat, masyarakat harus diberikan secara utuh informasi tentang silat, mulai dari sejarahnya hingga prestasi-prestasinya.  “Alhamdulillah sampai hari ini, silat Cimande masih tetap ada dan lestari,” tutupnya. ***

Sumber : Diskominfo Kab Bogor

Editor  : Mochamad Yusuf

 

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , ,

WordPress Ads