Update

Bazar Ramadhan Dinas Koperasi dan UKM, ini Pesan Bupati Ade Yasin

Dinas Koperasi dan UKMBazar Ramadhan Dinas Koperasi dan UKM. (foto: kominfo)

Siber24jam.com – Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Bogor menggelar bazar murah kebutuhan bahan pokok dan produk UMKM yang dibuka Selasa (12/04/2022) dihadiri oleh Bupati Bogor Ade Yasin Anggota Komisi VI DPR – RI Elly Halimah Yasin

Bazar yang menyediakan kebutuhan sembilan bahan pokok itu disebut, sebagai momentum mengangkat derajat produk dan pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) agar naik kelas, sekaligus menggeliatkan ekonomi yang sempat tertekan dua tahun imbas pandemi Covid-19.

“Bazar Ramadhan yang diinisiasi Dinas Koperasi dan UKM ini, kesempatan bagi para pelaku UMKM untuk memasarkan produknya agar geliat ekonomi tumbuh kembali,” kata Ade Yasin.

BACA JUGA: Twibbon Harlah PMII ke-62, Unggah di Medsos 17 April 2022

Apalagi, kata dia, yang dijual atau dipasarkan di bazar ini produk yang dibutuhkan masyarakat, saat jelang Hari Raya Idul Fitri.

Ade Yasin mengungkapkan, di masa pemulihan ekonomi tahun 2022 ini, Pemerintah Kabupaten Bogor sangat serius membantu para pelaku UMKM bangkit dan menjadi penopang pertumbuhan ekonomi daerah.

“Ada berbagai program yang kita jalankan untuk membantu para pelaku UMKM bangkit, salah satunya dengan memberikan kemudahan pelaku UMKM membuka gerai di kantor-kantor pemerintahan, swasta, bahkan perhotelan dan areal wisata, serta bekerja sama dengan beberapa e-commerce untuk memasarkan produk-produk UMKM Kabupaten Bogor melalui pasar digital,” ujarnya.

BACA JUGA: Polres Bogor Salurkan Bantuan Tunai Pada 5.873 PKL, Warung, dan Nelayan

Selain itu, kata Ade, karena masih banyak pelaku UMKM yang tak memiliki legalitas atau izin resmi, Pemerintah Kabupaten Bogor membantu memfasilitasi pengurusan Perizinan Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT).

Sementara untuk permodalan, sambung Bupati Ade, Pemerintah Kabupaten Bogor, melalui Dinas Koperasi dan UKM telah menjalin kerja sama dengan Bank Jabar Banten (bjb) yang akan mengucurkan kredit bantuan modal dari program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

BACA JUGA: Jalur Mudik Cukuhbalak Tanggamus Lampung Cukup Parah, Ini Jalur Alternatif Yang Bisa Ditempuh

“Fasilitas yang diberikan Pemerintah Kabupaten Bogor itu bertujuan agar pelaku UMKM maju dan tumbuh mandiri, bahkan menjadi pengusaha besar yang pada akhirnya membuka lapangan pekerjaan kepada warga Kabupaten Bogor, sekaligus pendorong pertumbuhan ekonomi daerah,” tutupnya.

Penulis: M. Yusuf

Editor: Muzakkir

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

WordPress Ads