Update

Mau Buka Puasa Tapi Masih di Jalan? Jangan Panik! Simak Tips Berikut

Sumber: Shutterstock

Umat Islam di seluruh dunia termasuk Indonesia kini tengah menjalani ibadah puasa Ramadan. Di bulan penuh berkah ini, berbuka puasa bersama keluarga, sahabat dan kerabat menjadi hal yang sangat dinantikan.

Kendati demikian, ada beberapa orang yang tak seberuntung itu bisa berbuka bersama keluarga. Terutama bagi kamu yang punya aktivitas pekerjaan padat di luar rumah. Berbuka puasa di perjalanan, bagi kamu, bisa menjadi rutinitas selama Ramadan.

Nah, buat kamu yang sering berada di situasi tersebut, melansir berbagai sumber ini tips yang bisa kamu lakukan untuk mempersiapkan diri saat berbuka di perjalanan!

1. Menggunakan Kendaraan Pribadi

Menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil di masa pandemi ini mungkin akan lebih menguntungkan. Utamanya kamu bisa berbuka puasa dengan aman tanpa khawatir tertular dengan penyebaran virus Corona saat ini.

Akan tetapi meski berada dalam kendaraan pribadi, kamu perlu tetap menjaga protokol kesehatan seperti membersihkan tangan dengan hand sanitizer sebelum makan dan minum, atau bahkan membersihkan bagian – bagian mobil dengan cairan pembersih atau menyemprotkan disinfektan secara berkala.

2. Sediakan Camilan dan Minuman untuk Berbuka

Di bulan Ramadan ini kamu wajib menyiapkan camilan dan minuman di kendaraan. Saat terjebak macet di perjalanan pulang bukan tak mungkin kamu terpaksa harus berbuka di kendaraan. Oleh sebab itu siapkan minuman dan camilan yang bisa kamu makan dan minum untuk berbuka.

Dalam menyimpan camilan di kendaraan atau mobil kamu perlu memperhatikan jenisnya ya! Pilihlah camilan kering yang cocok disimpan di mobil dan punya ketahanan lebih lama seperti biskuit. Hindari menyimpan makanan yang punya kadaluarsa cepat seperti roti, kue basah, dan lainnya.

3. Bila Memungkinkan Menepi Terlebih Dahulu

Berhenti sejenak di pinggir jalan dapat membuatmu tidak terganggu waktu sedang berbuka puasa. Selain itu, resiko berbahaya dalam berkendara juga berkurang. Namun, tetaplah perhatikan kondisi sekitar, berhentilah di tempat yang memang sesuai dengan aturan dan rambu-rambu lalu lintas. Jangan berhenti sembarangan karena dapat menimbulkan kemacetan

Tags: , ,

WordPress Ads