Update

Agar Produk UMKM Dikenal Luas Pasar, MenkopUKM Minta Pemda Gencarkan Promosi

Limbangan Expo 2022Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki, meninjau Limbangan Expo 2022 yang digelar Pemerintah Kabupaten Garut, Jawa Barat. (foto dok KemenkopUKM)

Garut,Siber24jam.com- Menteri Koperasi dan UKM (MenKopUKM)Teten Masduki mendukung setiap pemerintah daerah (Pemda) melakukan promosi seperti exspo khusus produk pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Alasannya expo atau pameran  sangat potensial untuk mengembangkan pasar produk UMKM.

“Saya mendukung sekali Pemerintah Kabupaten Garut yang menggelar  Limbangan UMKM Expo 2022, Minggu (09/10/2022), karena expo itu hal yang positif sebagai upaya mempromosikan produk UMKM,” kata Teten, dikutip dari laman resmi KemenkopUMK.go.id, Selasa (11/10/2022).

Teten mengimbau, tiap daerah perlu menampilkan keunggulan produk UMKM masing-masing. Hal ini menjadi hal yang penting agar produk UMKM di tiap daerah dapat meningkat daya saingnya.

Interaksi ekonomi dalam expo, menurut Teten, akan menjadi ruang proses pemerataan dan peningkatan pendapatan masyarakat. “Program seperti ini bagus. Mungkin nanti kalau ada expo di seluruh Garut, seluruh kecamatan untuk produk artisannya. Jadi nanti ada kurasi. Model ini dilakukan di Eropa ada lomba sapi, domba, dan lainnya,” kata Menteri Teten.

Sehubungan dengan Presidensi G20 Indonesia, Menteri Teten meminta Bupati Garut untuk menyiapkan produk UMKM untuk dipamerkan dalam event G20 Indonesia nantinya.

“Saya meminta Bupati untuk siapkan produk UMKM untuk G20 nanti. Produk Garut, misalnya jaket kulit pasti banyak peminat dari perwakilan delegasi,” pinta Teten.

Bupati Garut Rudy Gunawan menambahkan, perekonomian Garut di kuartal II 2022 berhasil mencatatkan angka mendekati 5 persen. Ketahanan ekonomi Garut disebabkan oleh kontribusi koperasi dan UMKM.

“Kita berharap melalui Limbangan UMKM Expo 2022 diharapkan dapat menjadi kegiatan yang membawa hal positif kepada masyarakat,”kata Rudy menutupi. ***

 

Editor : Mochamad Yusuf

Tags: , , , , , , , , , , , , ,

WordPress Ads