Update

Pitch Black 2022 F-16 TNI AU Jalani Misi LFE Malam Hari

Australia, Siber24jam.com – Latihan hari ketiga Large Force Employment (LFE), penerbang-penerbang F-16 TNI AU menjalani latihan terbang malam yang mengerahkan 74 pesawat dari seluruh negara peserta yang terlibat dalam latihan multinational Pitch Black 2022, Rabu waktu Australia (31/8/2022).

Skenario LFE malam adalah Offensive Counter Air (OCA) yaitu latihan yang mensimulasikan penyerangan terhadap kekuatan udara musuh, baik berupa pesawat terbang maupun infrastuktur yang mendukung kekuatan udara lawan. Pada latihan OCA itu peserta latihan dibagi menjadi dua tim yaitu Blue Force (Tim Biru) dan Red Force (Tim Merah). Tim Biru bertugas melakukan serangan dan Tim Merah melakukan pertahanan.

Tim Biru dipimpin oleh Mission Commander Republic Singapore Air Force (RSAF) dengan jumlah keseluruhan 47 pesawat. Empat F-16 TNI AU tergabung dalam Tim Biru menjadi elemen Escort bersama dengan enam Pesawat F-15 dari RSAF, enam Pesawat F-15 dari US PACAF, dua Pesawat Rafale dari Prancis (AAE), dan dua Eurofighter dari Jerman (GAF). Terdapat 12 Pesawat Striker yang melaksanakan misi penghancuran sasaran permukaan.

Tim Merah dipimpin oleh RAAF yang berperan sebagai Mission Commander dengan kekuatan 27 pesawat yang melibatkan satu Flight F-16 TNI AU sebagai pihak yang bertahan. ***

Red

 

Tags: , , , , , , ,

WordPress Ads