Update

Pameran di Expo ANTAD & Alimentaria di Mexico, BRI Dorong UMKM Go Global

Jakarta, Siber24jam.com- PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, terus melakukan pemberdayaan dan pendampingan kepala pelaku  UMKM  untuk mendorong  mereka mencapai go modern, go digital, go online, dan go global.

Komitmen tersebut dibuktikan dengan memberikan kesempatan akses pasar ekspor UMKM menjajaki pasar Amerika, lebih tepatnya di Meksiko dalam ANTAD & Alimentaria Expo yang diselenggarakan di Kota Guadalajara.

ANTAD & Alimentaria Expo merupakan event internasional untuk sektor ritel, hotel dan restoran yang bertujuan untuk memperkuat dan membina hubungan komersial dan peluang bisnis untuk sektor makanan dan minuman di Meksiko.

Dalam expo ini, BRI bekerjasama dengan Kementerian Luar Negeri melalui KBRI Mexico City,  dan Indonesian Trade Promotion Center( ITPC) Mexico City. Dalam expo  yang dihelat pertengahan Mei lalu  ada 23 UMKM terkurasi yang difasilitasi  BRI untuk mengenalkan produk terbaiknya di pasar Meksiko.

Direktur Bisnis Kecil dan Menengah BRI Amam Sukriyanto  mengatakan, BRI berkomitmen untuk terus melakukan pendampingan kepada UMKM sehingga bisa mempunyai produk yang berkualitas tinggi dan bisa meningkatkan nilai jual secara global.

“BRI sebagai agent of development akan terus mendorong UMKM naik kelas untuk go global serta mendapatkan buyer potensial yang dapat menunjang bisnisnya,” katanya dikutip dari laman resmi Kementerian BUMN,  Rabu (22/06/2022).

Sebagai informasi, satu UMKM yang difasilitasi BRI adalah Havilla Tea, yang merupakan runner up kompetisi Pengusaha Muda Brilian 2020 untuk mengikuti ANTAD & Alimentaria Expo. UMKM ini berinteraksi langsung dengan masyarakat Mexico serta para pelaku bisnis disana.

“Berpartisipasi di expo tingkat internasional merupakan pengalaman pertama kami sehingga banyak manfaat yang kami terima. Kami mengucapkan terimakasih kepada BRI karena telah memfasilitasi kami untuk menembus pasar di Meksiko,” ujar Ajeng Respati sebagai perwakilan dari Havilla Tea.

Amam mengatakan, dengan spirit BRI, UMKM Indonesia naik kelas ke pasar global, diharapkan expo tingkat internasional  bisa jadi booster bagi UMKM lainnya untuk menembus pasar global.

“Kedepan, BRI akan tetap mendampingi 23 UMKM perserta event untuk memiliki izin ekspor ke pasar Mexico dengan menggandeng La Pasiega. BRI bersama KBRI Mexico City dan ITPC Mexico City pun menargetkan ekspor produk-produk UMKM ini dapat dilaksanakan pada Desember 2022,”tutupnya.***

 

Editor   : Mochamad Yusuf

 

Tags: , , , , , , , , , , , ,

WordPress Ads