Update

Jalur Mudik Cukuhbalak Tanggamus Lampung Cukup Parah, Ini Jalur Alternatif Yang Bisa Ditempuh

Jalur mudik lebaranJalan alternatif jalur mudik lebaran Tanggamus Lampung. (Foto: istimewa)

Siber24jam.com – Jalur mudik lebaran Idul Fitri 1443 H menuju Kecamatan Cukuhbalak Kabupaten Tanggamus Lampung mengalami kerusakan yang cukup parah.

Jalan yang digunakan masyarakat untuk jalur mudik lebaran dari Kota Bandar Lampung menuju Cukuhbalak itu kondisinya sangat memperihatinkan, berbeda dengan wilayah lain di sekitarnya.

Perhatian pemerintah baik provinsi maupun kabupaten pada akses jalur mudik lebaran bagi masyarakat pesisir selatan Lampung itu sangat jauh dari harapan.

Untuk menempuh jalur mudik dari Bandar Lampung ke Cukuhbalak memang ada jalur alternatif, namun kondisinya pun tidak kalah parahnya dari jalur utama.

Jalur alternatif bisa melalui Kota Agung, meski jalannya sedikit lebih baik namun harus berputar lebih jauh menyusuri pesisir pantai.

Selain itu juga ada jalur Panjang Pertiwi yang dapat ditempuh melalui Lempasing, Jatiringin, Umbulkeluih melalui jalur pinggir pantai melewati tempat wisata kiluan dan pulau pahawang bisa ditempuh waktu 3 sampai 4 jam.

Kendalanya adalah ada jalan yang belum diaspal hanya berupa onderlagh batu dari Jatiringin sampai umbul kaluih,” kata Harianto sopir trevel Jabotabek Tanggamus, Selasa (12/4/22).

Harianto mengakui, mudik melalui jalur utama lewat Pardasuka bisa ditempuh 6 sampai 7 jam akibat lubang dan kondisi kerusakan jalan yang sangat parah terutama dari Gayau sampai Sukanegri.

“Satu-satunya jalur mudik yang jalanya lumayan bagus ya lewat jalur Kemiling Kota Agung meskipun jarak tempuhnya lebih jauh,” tegasnya.

Sementara Azwan warga Cukuhbalak merasa bingung dengan pemerintah Kabupaten Tanggamus dan Provinsi Lampung yang kurang memperihatinkan pembangunan Cukuhbalak.

“Bingung juga, kenapa pembangunan Cukuhbalak ini dianaktirikan, kita liat jalan di Pesawaran di Pringsewu pembangunan terus dilakukan, jalan banyak yang bagus. Lihat jalan di Cukuhbalak, padahal banyak potensi wisata,” tandasnya.***

Penulis: Zarkasi

Editor: Muzakkir

Tags: , , , , , , , ,

WordPress Ads